PROPOSAL
KEGIATAN
WORKSHOP
IOT
Disusun
oleh :
Nama : Nadiya Safitri
NPM : 19316014
Kelas : TK19B
PROGRAM STUDI S1 TEKNIK KOMPUTER
FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS TEKNOKRAT INDONESIA
BANDAR LAMPUNG
TA 2021/2022
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat
Allah SWT.Karena atas rahmat dan Petunjuk-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan
Proposal ini tepat pada waktunya untuk Melaksanakan Workshop atau Seminar IOT.
Serta tak lupa kami mengucapkan
banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan
Proposal ini.
Kami menyadari bahwa Proposal ini
masih jauh dari kata sempurna.
Oleh karena itu, dengan segala
kerendahan hati, kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun,
kami harapkan untuk perbaikan dan kesempurnaan Proposal ini.
Akhir kata, semoga Proposal ini
dapat memberikan manfaat khususnya bagi kami dan umumnya bagi semua pihak yang
terlibat dalam kegiatan tersebut.
Bandar
Lampung, 13 Januari 2022
Ketua
Pelaksana
Lili
Andraini
19316080
DAFTAR
ISI
Cover
…………………………………………………………………………………………… 1
Kata
Pengantar …………………………………………………………………………………. 2
Daftar
Isi ……………………………………………………………………………………….. 3
BAB
I PENDAHULUAN ……………………………………………………………………... 4
1.1
Latar Belakang ..……………………………………………………………………... 4
1.2
Tujuan Kegiatan …..…………………………………………………………………. 4
BAB
II PELAKSANAAN KEGIATAN ………………………………………………………. 5
2.1
Nama dan Tema Kegiatan ……..…………………………………………………….. 5
2.2
Target Peserta Kegiatan ……………..……………………………………………….. 5
2.3
Penyelenggara Kegiatan ………..……………………………………………………. 5
2.4
Waktu dan Tempat Kegiatan ………..……………………………………………….. 5
2.5
Susunan Kepanitiaan Kegiatan ……………..………………………………………... 5
2.6
Sususan Acara Kegiatan ………………..……………………………………………. 6
2.7
Rencana Anggaran Biaya …………………..………………………………………... 6
BAB III PENUTUP ……………………………………………………………………………. 7
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Berkembangya dunia Teknologi 4.0. Hal
ini disebabkan karena arus globalisasi yang semakin deras. Saat ini kita
dituntut untuk mengembangkannya agar tidak ketinggalan zaman. Berbagai
peralatan yang berbasis teknologi kini sudah marak di berbagai penjuru dunia. Internet of Things adalah sebuah gagasan untuk menghubungkan semua
objek, (termasuk obyek sehari-hari seperti pot yoghurt, sepatu dan hidran
pemadam kebakaran) dengan internet. Obyek-obyek tersebut diharapkan dapat
berbagi data maupun aplikasi. Kemungkinan terhubungnya semua obyek sehari-hari
dengan internet telah kerap dibahas, terutama dihubungkan dengan efisiensi
usaha dalam manajemen rantai pasok (supply chain management) maupun dalam upaya
otomatisasi rumah. Namun, kemungkinan bahwa keterhubungan semua obyek melalui
internet (Internet of Things/IoT) ini sesungguhnya telah membuka
kesempatan penelitian mengenai berbagai jenis interface maupun interaksi yang
baru. Hingga kini tidak banyak penelitian yang secara detil membahas mengenai
bagaimana orang dapat berinteraksi dan saling berhubungan. Selanjutnya,
bagaimana orang-orang tersebut dapat terhubung dapat terhubung ketika ada
kemungkinan aktivasi jaringan internet pada benda-benda tersebut. Bagaimana
supaya suatu objek dapat dirancang sedemikian rupa agar dapat membantu manusia
berhubungan, sehingga obyek tersebut dapat membantu manusia mengungkapkan
perasaannya, menginspirasi, bahkan memperkuat kapasitas seseorang? Alat-alat
tersebut bisa jadi terhubung karena kegiatan pemantauan lingkungan, berbagi informasi
tentang kesehatan, konsumsi sumber daya, atau halhal lain yang menyebabkan
terjadi interaksi sosial. Workshop
ini dapat dihadiri oleh peneliti, akademisi atau praktisi industri dari bidang
desain, ICT dan ilmu-ilmu sosial untuk merancang Internet of Things yang
difokuskan pada studi kasus di Indonesia atau Asia.
1.2 TUJUAN
KEGIATAN
1) Menumbuhkan
dan meningkatkan kreatifitas mahasiswa Teknik Komputer di dunia Teknologi 4.0
khususnya di bidang IoT.
2) Memberikan
edukasi kepada mahasiswa Teknik Komputer tentang kriteria pemuda yang
berkualitas yang mampu menyongsong masa depan.
3) Meningkatkan
antusiasme dan motivasi kepada mahasiswa
Teknik Komputer untuk berprestasi dan berlomba-lomba
dalam berkarya.
4) Memberikan
arah yang jelas kepada mahasiswa Teknik Komputer dalam mengembangkan potensi
dirinya sebagai generasi Teknologi 4.0.
BAB
II
PELAKSANAAN
KEGIATAN
2.1
NAMA DAN TEMA KEGIATAN
Kegiatan
ini bernama Workshop IoT dengan tema “Menjadi Pemuda Indonesia Cerdas,
Inovatif, dan Berkarakter”.
2.2
TARGET PESERTA KEGIATAN
Dihadiri
oleh mahasiswa S1 Teknik Komputer.
2.3
PENYELENGGARA KEGIATAN
CESA
(Computer Engineering Student’s Association)
2.4
WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN
Rangkaian
kegiatan diatas akan dilaksanakan pada :
Hari,
Tanggal : Rabu, 09 Februari 2022
Waktu : Pukul 08.00
WIB s/d Selesai.
Tempat : Audotorium
Gedung A
Universitas Teknokrat Indonesia
2.5
SUSUNAN KEPANITIAN KEGIATAN
Ketua Pelaksana
: Lili Andraini
Sekretaris
: Mutiara Hardiyanti
Bendahara
: Naufal Razan Pratama
Sie Acara
Koordinator
: Izudin Ismail
Anggota
: 1) Iqbal Ardianto
2) Muhammad Afif
3) Nanda Pratama
Sie Perlengkapan
Koordinator
: Indra Kurniawan
Anggota
: 1) Muhamad Julham
2)
Muhammad Abhirama Yusuf
3)
Muhammad Sahril
4)
Ridho Fazal
5)
Kurniawan Saputra
6)
Richo Fajar
7)
Fajar Kurniawan
8)
Ali Sofyan
Sie Pubdedok
Koordinator
: Muhammad Dandy
Anggota
: 1) Muhammad Farhan
2)
Muh Wichi Adventa
3)
Restu Ibrahim Adam
Sie Konsumsi
Koordinator
: Nadiya Safitri
Anggota
: 1) Satria Mandala Putra
2)
Kelvin Ryandani
3)
Ridho Septiawan
4)
Doni Irawan
5)
Bagus
2.6
SUSUNAN ACARA KEGIATAN
Waktu |
Jenis Kegiatan |
07.15 – 08.00
WIB |
Check-in
Peserta |
|
Pembukaan |
08.00 – 10.00 WIB |
Menyanyikan
lagu Indonesia Raya (Peserta diharapkan berdiri) |
|
Sambutan
Kaprodi S1 Teknik Komputer (Damayanti, M.Kom) |
10.00 – 12.00
WIB |
Workshop
(S.Samsugi, M.Eng) |
12.00 – 12.15
WIB |
Penutupan |
2.7
RENCANA ANGGARAN BIAYA
1) Kesekretariatan
a. Proposal
Rp.
50.000,-
b. Surat
Menyurat Rp.
50.000,
c. Alat
Tambahan
- Sepidol
Rp. 20.000,-
- Pena Rp. 20.000,-
- Tinta Print Rp. 70.000,
- Kertas A4
Rp. 60.000,-
- MAP
Rp. 20.000,-
- Amplop
Rp. 10.000,-
2) Konsumsi
Rp. 400.000,-
3) Humas
a. Pamflet
Rp. 50.000,-
4) Fee
Pemateri
- Pelatihan IoT
Rp. 250.000,-
5) Biaya
Tak Terduga
Rp. 500.000,-
Total Rp. 1.500.000,-
BAB
III
PENUTUP
Demikian
proposal ini kami buat agar dapat di pertimbangkan sebagaimana mestinya. Atas
nama CESA (Computer Engineering Student’s Association) kami selaku panitia mengharapkan dukungan moril
maupun materiil untuk kesuksesan kegiatan Workshop IoT ini. Semoga kegiatan
ini terselenggara sesuai dengan harapan dan keinginan kita dan Allah SWT
berkenan meridhoi kita, Amin.
Bandar Lampung, 13 Januari 2022
Ketua Pelaksana,
Sekretaris
Pelaksana,
Lili Andraini Mutiara Hardiyanti
NPM. 19316080 NPM. 19316092
Menyetujui Mengetahui
Wakil Dekan III Kaprodi S1 Teknik Komputer
Aulia Rahman
Isnaini,S.Kom., M.Cs. Damayanti, S.kom., M.kom.
§ Nama Mahasiswa : NADIYA SAFITRI
§ NPM : 19316014
§ Kelas : Tk19B
Tidak ada komentar:
Posting Komentar